TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN EXPEDISI TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN MILIK KONSUMEN (STUDY KASUS NINJA XPRESS

Yusrianandar, Dinar (2022) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN EXPEDISI TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN MILIK KONSUMEN (STUDY KASUS NINJA XPRESS. Skripsi thesis, Universitas Yapis Papua.

[img] Text
Dinar Yusrianandar.pdf

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tanggung Jawab Perusahaan Expedisi Terhadap Kerusakan Barang Kiriman Milik Konsumen (Study Kasus Ninja Xpress)”, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan jasa ekspedisi Ninja Xxpress atas kerusakan pada barang kiriman milik konsumen dan untuk mengetahui upaya yang dapat ditempuh konsumen dalam menuntut ganti rugi kepada Ninja Xpress atas kelalaian expedisi tersebut yang mana barang tersebut rusak pada saat proses pengiriman ke lokasi penerima di kota Jayapura Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum Empiris dan Normatif, Penelitian Hukum Normatif merupakan penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder”. Penelitian hukum normatif disebut juga penelitian hukum doktrinal. Penelitian empiris merupakan metode penelitian dilakukan menggunakan bukti-bukti empiris. Bukti empiris inilah sebagai informasi yang diperoleh melalui observasi atau Eksperimen. Para ilmuwan memperoleh bukti empiris itu dengan cara merekam dan menganalisis data. Adapun hasil penelitian berdasarkan permasalahan yang dibahas dengan kesimpulan Perusahaan jasa angkutan ekspedisi memiliki kewajiban untuk mengantar dan menjamin keamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu sampainya barang ditempat tujuan, sedangkan kewajiban dari pengguna jasa angkutan ekspedisi (konsumen) adalah membayar biaya jasa angkutan atau tarif jasa yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selanjutnya upaya penyelesaian sengketa konsumen dilakukan untuk mencapai kesepakatan antara perusahaan jasa angkutan ekspedisi dengan pengguna jasa angkutan ekspedisi (konsumen) mengenai ganti kerugian serta untuk menjamin agar kerugian yang dialami oleh konsumen tidak terulang kembali dikemudian hari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 07 Apr 2023 04:06
Last Modified: 07 Apr 2023 04:06
URI: http://repository.uniyap.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item